Breaking News
Home » AC » Benarkah.! AC yang Terawat bisa Tahan Lama

Benarkah.! AC yang Terawat bisa Tahan Lama

AC yang Terawat bisa Tahan Lama & lebih Awet

Iklim tropis seperti di Indonesia menyebabkan sepanjang tahun suhu udara cukup terasa lembab dan hangat. Maka tidak heran apabila AC (Air Conditioner) sangat dibutuhkan dibeberapa tempat seperti gedung perkantoran, minimarket, hingga ATM. Bahkan banyak masyarakat Indonesia juga menggunakan AC didalam rumah pribadi agar aktivitas didalamnya lebih nyaman, karena AC mampu mengusir rasa panas.

AC memang dapat memberikan kesejukan didalam ruangan meskipun diluar dalam keadaan panas. Namun seperti barang elektronik lainnya, AC akan cepat rusak apabila digunakan secara terus-menerus. Banyak orang tidak tahu cara menggunakan dan merawat AC yang baik dan benar. Sehingga kebanyakan orang terpaksa membeli yang baru ketika AC yang baru digunakan sudah mulai rusak atau tidak dingin lagi.

Baca juga: Jasa Service Ac Profesional

Tips Merawat AC agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Pada umumnya, AC akan mengalami kendala ketika sudah digunakan dalam jangka waktu 2 hingga 4 tahun. Namun jika Anda tahu cara menggunakan dan merawatnya dengan benar, AC dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut beberapa tips sederhana cara merawat AC yang baik dan benar agar lebih awet dan tahan lama :

  1. Menyalakan AC pada ruangan tertutup

Satu hal yang perlu diingat adalah AC khusus digunakan untuk ruangan tertutup. Sehingga sebelum menyalakan AC, pastikan semua pintu, jendela dan ventilasi sudah ditutup dengan rapat. Hal ini dapat memaksimalkan fungsi AC serta mempercepat dalam proses mendinginkan ruangan. Selain itu, ruangan yang tertutup rapat dapat meringankan kinerja kompresor sehingga AC lebih tahan lama.

  • Menggunakan fitur timer

Fitur timer membuat AC secara otomatis akan mati sesuai dengan waktu yang diinginkan. Hal ini akan mencegah AC tetap menyala ketika tidak ada orang didalam rumah. Sehingga AC tidak mudah rusak dan juga tagihan listrik dirumah Anda tidak membengkak. Pastikan untuk tidak terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius agar mesin AC tidak menjadi panas.

  • Jangan merokok didalam ruangan yang sedang menyalakan AC

Sebisa mungkin untuk tidak merokok didalam ruangan yang sedang menyalakan AC. Karena asap yang dihasilkan oleh rokok dapat menyebabkan AC lebih cepat kotor dan warna cover berubah. Selain itu, nikotin yang ada didalam asap rokok dapat mengendap didalam evaporator. Sehingga udara yang dihasilkan oleh AC menjadi lebih pengap dan mengurangi rasa dingin.

  • Melakukan pengecekan tekanan freon pada AC

Freon merupakan salah satu hal yang menentukan AC dingin atau tidak. Untuk itu diperlukan pengecekan tekanan freon selama enam bulan sekali dan tentu saja oleh orang yang sudah ahli. Tekanan yang kurang dapat menyebabkan freon bocor sehingga AC tidak dingin dan terkadang sering mati dan nyala dengan sendirinya. 

  • Lakukan service AC secara berkala

Agar kinerja AC selalu dalam keadaan optimal, maka Anda perlu melakukan service secara berkala. Biasanya Anda akan diberitahu untuk melakukan service setiap tiga bulan sekali ketika pertama kali membeli AC. Service yang dilakukan secara berkala ini dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dan permanen.

Masa pakai sebuah AC dapat ditentukan oleh seberapa sering penggunanya dalam merawat AC. Dengan mengetahui cara merawat AC yang benar, diharapkan AC yang digunakan menjadi lebih awet dan tahan lama. AC yang jarang digunakan sekalipun juga membutuhkan perawatan yang tepat. Namun Anda juga harus paham penggunaan yang tepat dan sesuai kebutuhan.