Breaking News
Home » AC » Pentingnya Bersihin AC Secara Rutin

Pentingnya Bersihin AC Secara Rutin

Pentingnya Bersihin AC Secara Rutin agar Performa Baik

Barang elektronik umumnya terkenal mudah rusak, tak terkecuali dengan AC. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, AC pasti memiliki batasan umur untuk tetap bisa bekerja secara optimal. Akan tetapi, sebagai pengguna, tentu anda bisa memperpanjang masa umur dan meningkatkan kinerjanya untuk mendinginkan ruangan, sama seperti saat masih baru.

Salah satu caranya adalah dengan membersihkan AC secara berkala, utamanya supaya tetap dingin. Perawatan jelas dibutuhkan untuk menjaganya agar tetap bekerja dengan baik. Dan dari beberapa tips pentingnya bersihin AC secara rutin agar performa baik adalah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. AC sendiri perlu dibersihkan setiap 3 bulan sekali dan harus dengan bantuan dari ahlinya.

Pembersihan agar AC Bisa Lebih Awet

AC yang dibersihkan secara rutin relatif lebih awet dibandingkan dengan yang tidak. Mesin tidak akan terlalu terbebani dengan debu yang menumpuk. Performa AC juga menjadi lebih optimal. Dengan membersihkannya secara rutin, Anda bisa mengetahui tanda-tanda awal kerusakan sebelum kerusakan tersebut menjadi lebih parah. 

Tentu saja, ini bisa menghemat biaya perbaikan yang bisa saja lebih tinggi jika penanganan tak segera dilakukan. Anda bisa menggunakan jasa atau membersihkannya sendiri. Namun, jika ingin membersihkannya sendiri, anda perlu mencari informasi lebih lanjut supaya anda bisa membersihkan perangkat tersebut dengan tepat dan benar.

Memperlancar Sirkulasi Udara

  1. Prinsip Sirkulasi AC

AC bekerja dengan prinsip sirkulasi udara di dalam ruangan. Dengan bantuan kipas, udara panas yang ada pada ruangan akan dihisap oleh unit indoor. AC bekerja dengan cara menghisap udara di dalam ruangan dan mengeluarkannya kembali dalam kondisi lebih bersih.

  1. Debu dan Partikel

Saat menghisap udara panas, debu dan partikel kecil lainnya sebenarnya ikut terhisap. Debu dan kotoran tersebut sangat mungkin menempel pada evaporator dan filter. Apabila anda membiarkannya, hal tersebut tentu akan mempengaruhi kinerja AC.

  1. Sirkulasi Terhambat

Ada proses penyaringan di dalam AC. Debu yang masuk ke dalam AC akan disaring menggunakan filter. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jika debu pada bagian filter ini sudah menumpuk. Bisa dipastikan, sirkulasi udara di dalamnya akan terhambat dan memaksa AC bekerja lebih keras.

  1. Kerusakan AC

Akan mengurangi kenyamanan apabila AC anda tiba-tiba tidak dingin hanya karena tidak dibersihkan secara rutin. Jangan menunggu hingga AC sampai rusak, sebaiknya anda tetap melakukan perawatan AC dengan baik.

Mengembalikan Performa AC

Semakin lama digunakan, performa AC cenderung mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan debu dan kotoran pada bagian filter. Namun saat AC anda rutin dibersihkan, performa AC akan terjaga sehingga tidak mudah rusak. Jika sebelumnya performa AC tak lagi maksimal, membersihkan bagian filter akan mengembalikan performanya dan membuatnya bekerja lebih optimal.

Apabila tidak dibersihkan kotoran bisa mengeras, merusak lapisan luar, dan bahkan mengganggu pernapasan anda. Jika ada debu atau kotoran yang menempel, hal tersebut bisa memberatkan kerja mesin kompresor. Hal ini bisa mengakibatkan arus listriknya melampaui batas maksimal dan bisa mengakibatkan AC menjadi tidak dingin.

Meski terdengar sepele, membersihkan AC bisa memberikan banyak manfaat bahkan bisa menjadi salah satu upaya penghematan. AC jadi lebih awet. Listrik juga lebih irit. Namun jauh sebelum menerapkan tips merawat AC, memilih AC sendiri harus dilakukan dengan pertimbangan jangka panjang. Bukan hanya soal performa dan efisiensi listrik, AC yang dipilih hendaknya mampu memberikan jaminan yang cukup meyakinkan. Untuk itulah AC Sharp diciptakan.